Home / Berita / KPU KOTA ADMINISTRASI JAKARTA SELATAN MENGHADIRI KONSOLIDASI REGIONAL DI MAKASSAR

KPU KOTA ADMINISTRASI JAKARTA SELATAN MENGHADIRI KONSOLIDASI REGIONAL DI MAKASSAR

kpu.jakartaselatan.go.id – KPU Kabupaten/Kota Se-Indonesia Konsolidasi di Makassar.

Makassar,- Jumat (7/9/2018) Perwakilan KPU Provinsi/Kabupaten/Kota se-Indonesia berkumpul di Makassar, Sulawesi Selatan dalam rangka konsolidasi regional peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum 2019 dan persiapan menjelang tahapan kampanye.

Acara dibuka langsung oleh Ketua KPU RI, Arief Budiman. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa KPU RI telah menetapkan target sebesar 77,5% tingkat partisipasi pemilih dalam pemilu 2019.

Oleh karena nya, beliau berharap KPU Provinsi/Kabupaten/Kota untuk bekerja keras agar target tersebut dapat tercapai.

Lebih lanjut beliau menerangkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi masyarakat. Selain tugas KPU Kabupaten/Kota dalam mensosialisasikan kepada masyarakat secara optimal, hal lain adalah ada nya calon/kandidat yang berkualitas.

“Dalam beberapa riset yang saya baca, hadirnya peserta pemilu dan kandidat yang berkualitas juga ikut mempengaruhi tingkat partisipasi pemilih”, ungkapnya.

Selain itu Arief  berpesan agar Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang sudah ada untuk dapat dioptimalkan fungsinya. “Saat ini kita sudah dan sedang membangun RPP di 458 KPU Kabupaten/Kota dan 1 RPP Nasional. Semua harus selesai tahun ini”, jelas Arif Budiman.

RPP yang sudah dibangun itu tidak boleh mejadi barang mati, ia harus terus dihidupkan dengan berbagai aktifitas. Bagaimana caranya? Pertama, orang luar datang ke RPP dan atau RPP nya yang bergerak keluar menyampaikan, mengenalkan dan melakukan aktivitas sosialisasi.

Acara konsolidasi regional ini berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 7 hingga 9 September. Arif Budiman juga mengingatkan agar seluruh jajaran KPU terus bekerja selama 5 (lima) tahun masa jabatannya, bukan hanya pada masa-masa tahapan pemilu.

Sebab, ada dua hal yang selalu kita lakukan secara terus menerus, pertama adalah pemutakhiran data pemilih dan kedua pendidikan pemilih, agar bagaimana pemahaman demokrasi tak hanya pada tataran prosedural tapi juga menjadi demokrasi yang substansial.

About admin

Silahkan Baca Juga :

KPU KOTA JAKARTA SELATAN MEMBUKA POSKO GERAKAN MELINDUNGI HAK PILIH #GMHP DI 65 KELURAHAN DAN 10 KECAMATAN SE JAKARTA SELATAN

kpu-jakartaselatankota.go.id – Yakin anda sudah terdaftar sebagai pemilih untuk Pemilu 2019? Pastikan anda terdaftar! PPS dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by themekiller.com