Home / Tak Berkategori / KUNJUNGAN DARI ALUMNI PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH CIPINANG KE RUMAH PINTAR PEMILU

KUNJUNGAN DARI ALUMNI PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH CIPINANG KE RUMAH PINTAR PEMILU

Jakarta Selatan, Kamis (23/1/2020) KPU Kota Jakarta Selatan menerima kunjungan dari alumni Pondok Pesantren Darunnajah Cipinang (angkatan 26) ke Rumah Pintar Pemilu. Rombongan berjumlah 8 orang tersebut terdiri dari mahasiswa berbagai perguruan tinggi di Jakarta, diantaranya kampus UHAMKA, UIN Jakarta dan UPJ (Universitas Pembangunan Jaya).

Kedatangan mereka disambut oleh Komisioner KPU Jakarta Selatan, H. Yusuf Satyanegara (Divisi Hukum & Pengawasan), Fahmi Zikrillah (Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM), Dody Wijaya (Divisi Teknis Penyelenggaraan) dan Ahmad Barizi (Divisi Program dan Data). Rumah Pintar Pemilu (RPP) merupakan sarana bagi masyarakat untuk belajar tentang perkembangan pemilu dan demokrasi di Indonesia.

Setelah meilhat-lihat papan display yang ada di RPP, melihat audio visual, dan mendengarkan penjelasan dari para komisioner KPU Kota Jakarta Selatan, acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab. Salah satu peserta bertanya mengenai apa tugas KPU pasca pemilu? Fahmi Zikrillah (Komisioner KPU Jakarta Selatan) menjelaskan tentang siklus pemilu atau yang dikenal dengan election period; yaitu periode pra pemilu, masa pemilu dan periode pasca pemilu.

Periode pra pemilu (pre election) adalah periode persiapan menuju pemilihan umum. KPU melakukan berbagai macam persiapan antara lain kegiatan verifikasi peserta pemilu (partai politik dan calon perseorangan), pemutakhiran data pemilih, rekruitmen PPK-PPS, dan sebagainya. Sementara di masa pemilu, kegiatan meliputi kampanye peserta pemilu, menyiapkan logistik, sosialisasi ke berbagai masyarakat soal berbagai macam informasi kepemiluan, melaksanakan bimbingan teknis, hingga pencoblosan pada hari H dan penghitungan suara.

Sementara itu di periode pasca pemilu KPU bekerja antara lain melakukan evaluasi semua tahapan pemilu, melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dan melakukan pendidikan pemilih kepada masyarakat melalui Rumah Pintar Pemilu dan kerja-kerja lainnya. 

About admin

Silahkan Baca Juga :

DONASI UNTUK KARYAWAN KPU KOTA JAKARTA SELATAN YANG TERKENA DAMPAK BANJIR

Jakarta Selatan, Jum’at (10/1/2020) Musibah banjir di awal tahun 2020 menjadi berita yang viral, baik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by themekiller.com