Home / Tak Berkategori / KPU KABUPATEN PEKALONGAN STUDI BANDING KE KPU JAKARTA SELATAN

KPU KABUPATEN PEKALONGAN STUDI BANDING KE KPU JAKARTA SELATAN

Jakarta Selatan, Senin (23/12/2019) KPU Kota Jakarta Selatan menerima kunjungan KPU Kabupaten Pekalongan. Dalam kunjungan tersebut rombongan terdiri dari Ketua KPU Kabupaten Pekalongan, Ketua Divisi SDM dan Parmas, beserta 2 orang sekretariat. Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Abi Rizal menyampaikan maksud kunjungannya adalah bertujuan untuk belajar mengenai tata kelola SDM dan sosialisasi pendidikan pemilih (sosdiklih). “KPU Kabupaten Pekalongan, pada 2020 nanti akan melaksanakan pilkada Bupati dan Wakil Bupati. Oleh karenanya, kami perlu belajar dari KPU Jakarta Selatan yang sukses mencapai 83% tingkat partisipasi masyarakat pada pemilu 2019 dan bagaimana mampu mengelola SDM agar semua tahapan bisa berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Abi sapaan akrab Ketua KPU Kabupaten Pekalongan.

Rombongan KPU Kabupaten Pekalongan diterima langsung oleh Ketua KPU Jakarta Selatan, Agus Sudono didampingi anggota KPU Jakarta Selatan beserta secretariat. Agus mengatakan bahwa KPU Jakarta Selatan merupakan salah satu barometer kesuksesan pemilu 2019, karena banyak titik potensi kerawanan yang ada di Jakarta Selatan. Mulai dari banyaknya pejabat dan petinggi partai yang tinggal di Jakarta Selatan, kantor DPP Partai Politik yang berkantor di Jakarta Selatan, jumlah apartemen dan perkantoran yang ada di Jakarta Selatan, dan lain sebagainya. “Alhamdulillah, berkat kerja keras dan sinergi yang baik dengan semua pihak, KPU Kota Jakarta Selatan berhasil melaksanakan pemilu dengan baik dan lancar. Salah satu indikatornya adalah tidak ada PSU dan PHPU di Jakarta Selatan, serta tingkat partisipasi masyarakat yang tinggi pada pemilu 2019” ungkap Agus dalam sambutannya. 

Dalam kunjungan tersebut KPU Kabupaten Pekalongan juga berdiskusi soal dinamika yang terjadi pada pemilu 2019 dan bagaimana cara mengatasinya. Fahmi Zikrillah selaku Ketua Divisi SDM dan Parmas menjelaskan bahwa tingginya partisipasi masyarakat di Jakarta Selatan tidak terlepas dari peran dan kerja keras serta sinergisitas para stakeholder dan semua pihak dalam menyosialisasikan pemilu 2019 ke berbagai lapisan masyarakat. “Kami menjalin kerjasama dengan berbagai pihak agar informasi kepemiluan bisa sampai ke semua masyarakat. Mulai dari sosialisasi tatap muka dengan berbagai forum warga, memanfaatkan sosial media, membentuk relawan demokrasi, hingga komunikasi dan koordinasi dengan berbagai stakeholders, singkatnya tiada hari tanpa sosialisasi” jelas Fahmi.

Selain itu, Ahmad Barizi selaku Komisioner KPU Jakarta Selatan Divisi Program dan Data menyampaikan bagaiman proses pemutakhiran data pemilih dan upaya-upaya yang dilakukan KPU Jakarta Selatan untuk menghadirkan data pemilih yang berkualitas. Mulai dari coklit, sampai terakhir proses penetapan daftar pemilih tetap hasil perbaikan ke 3.

Sementara itu, H. Yusuf Satyanegara, SH selaku Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Jakarta Selatan menambahkan bahwa kesusksesan pemilu 2019 di Jakarta Selatan berkat komunikasi dan koordinasi yang baik dengan semua pihak, baik antar penyelenggara pemilu, maupun peserta pemilu. “Kami secara berkala intens melakukan komunikasi dan koordinasi dengan berbagai macam stakeholders, supaya semua tahapan bisa berjalan dengan baik dan lancar”, ungkap H. Yusuf menjelaskan.

 Setelah diskusi, acara kemudian ditutup dengan saling tukar pemberian cinderamata. Semoga dengan kunjungan ini KPU Kabupaten Pekalongan dapat mengambil hal yang positif yang ada di KPU Jakarta Selatan, begitupun sebaliknya.

About admin

Silahkan Baca Juga :

KUNJUNGAN KERJA KPU PROVINSI DKI JAKARTA BERSAMA KPU KOTA SE DKI JAKARTA DI KANTOR DINAS DUKCAPIL DKI

Jakarta, Kamis (16/1/2020) KPU Kota Jakarta Selatan mengikuti agenda KPU Provinsi DKI Jakarta, melalukan kegiatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by themekiller.com