Home / Berita / KPU KOTA JAKARTA SELATAN MELAKUKAN STUDI BANDING RUMAH PINTAR PEMILU (RPP) KE KPU KOTA BOGOR

KPU KOTA JAKARTA SELATAN MELAKUKAN STUDI BANDING RUMAH PINTAR PEMILU (RPP) KE KPU KOTA BOGOR

JAKARTA SELATAN – Komisi Pemilihan Umum Jakarta Selatan berkunjung ke KPU Kota Bogor dalam rangka studi banding mengenai Rumah Pintar Pemilu (RPP), Kamis (24/10/2019). Rombongan KPU Jakarta Selatan terdiri dari 5 anggota KPU, sekretaris, dan 5 staff diterima dengan penuh rasa kekeluargaan langsung oleh Ketua dan anggota KPU Kota Bogor beserta sekretariat.

“KPU Kota Bogor selama ini telah menjadi rujukan bagi KPU Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia untuk belajar soal bagaimana mengoptimalkan RPP, maka untuk itulah kami perlu menimba ilmu dari Kota Bogor soal bagaimana mengelola Rumah Pintar Pemilu,” ujar Agus Sudono, Ketua KPU Jakarta Selatan saat menyampaikan sambutan.

Lebih lanjut Agus menuturkan, agar studi banding ke KPU Kota Bogor ini diharapkan dapat memberikan pencerahan dan tambahan pengetahuan bagi KPU Jakarta Selatan. “Apa-apa yang baik dari KPU Kota Bogor dalam pengelolaan RPP dan belum ada di KPU Jakarta Selatan semoga bisa kita tiru dan modifikasi untuk perbaikan dan kemajuan RPP di Jakarta Selatan,” tambah Agus.

Selain itu, Komisioner KPU Jakata Selatan Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Fahmi Zikrillah menjelaskan bahwa RPP bisa menjadi wisata edukasi bagi masyarakat, khususnya pelajar dan mahasiswa untuk bisa belajar dan mendapatkan informasi mengenai pemilu dan perkembangan demokrasi di Indonesia.

“Pendidikan pemilih kepada masyarakat bukan saja pada saat perhelatan pemilu, tapi juga harus terus dilakukan oleh KPU secara berkesinambungan. RPP merupakan salah satu media untuk mengupdate informasi pemilu. Dengan demikian diharapkan agar masyarakat kita bisa semakin cerdas dalam memilih dan berpartisipasi dalam proses demokratisasi di Indonesia”, jelas Fahmi.

Banyak hal menarik yang bisa diambil dari KPU Kota Bogor, pertama soal digitalisasi data pemilu. Kedua soal e-voting. Meskipun memiliki ruang terbatas, KPU Kota Bogor berhasil mengoptimalkan keterbatasan ruangan dengan layout yang menarik dan menghadirkan data-data kepemiluan yang komprehensif. 

About admin

Silahkan Baca Juga :

KPU KOTA JAKARTA SELATAN MELAKSANAKAN KEGIATAN EVALUASI KAMPANYE PEMILU 2019

JAKARTA SELATAN – Komisi Pemilihan Umum Jakarta Selatan menyelenggarakan kegiatan evaluasi kampanye pemilu 2019, Jumat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by themekiller.com