Home / Berita / KPU KOTA JAKARTA SELATAN MELAKSANAKAN KEGIATAN EVALUASI KAMPANYE PEMILU 2019

KPU KOTA JAKARTA SELATAN MELAKSANAKAN KEGIATAN EVALUASI KAMPANYE PEMILU 2019

JAKARTA SELATAN – Komisi Pemilihan Umum Jakarta Selatan menyelenggarakan kegiatan evaluasi kampanye pemilu 2019, Jumat (20/09/2019). Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan pengurus partai politik tingkat kota Jakarta Selatan dan Kepala Kesbangpol Jakarta Selatan, Satpol PP, dan para stakeholder lainnya.

Agus Sudono, selaku Ketua KPU Kota Jakarta Selatan dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melakukan evaluasi proses tahapan kampanye yang telah berlangsung, apa saja hal-hal yang perlu diperbaiki untuk menjadi catatan dan perbaikan pada pemilu berikutnya.

Selain itu, Agus menambahkan bahwa secara umum Pemilu 2019 di Kota Jakarta Selatan berjalan dengan lancar dan sukses. Terbukti bahwa pada pemilu kali ini, Jakarta Selatan berhasil zero PSU (Pemilihan Suara Ulang) dan zero PHPU (Perselisihan Hasil Pemilihan Umum) yang pada pemilu sebelumnya dua hal tersebut selalu terjadi di Jakarta Selatan.

Atas pencapaian tersebut, Kepala Kesbangpol Jakarta Selatan Moh. Matsani mewakili Walikota Jakarta Selatan menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada KPU, yang telah bekerja secara maksimal sehingga pesta demokrasi tahun 2019 di Jakarta Selatan berjalan dengan sukses dan lancar. Matsani juga mengapresiasi kinerja Bawaslu, dan para stakeholder lainnya yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan pemilu 2019.

Acara yang dikemas dalam bentuk diskusi ini menghadirkan dua narasumber yaitu Fahmi Zikrillah selaku Komisioner KPU Jakarta Selatan yang membidangi kampanye dan Ketua Bawaslu Jakarta Selatan, Muchtar Taufiq. Dalam pemaparannya Fahmi menjelaskan terkait aturan-aturan  (PKPU) tentang kampanye yang seringkali tidak dijalankan oleh para peserta pemilu, antara lain mengenai peserta pemilu wajib menyampaikan pemberitahuan kegiatan kampanye kepada pihak kepolisian dan menyampaikan tembusan kepada KPU dan Bawaslu. Hal tersebut menurut Fahmi, masih sering tidak dilakukan oleh para peserta pemilu.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Jakarta Selatan Muchtar Taufiq menyampaikan terkait pelanggaran-pelanggaran yang terjadi selama proses tahapan kampanye pemilu 2019.  Banyak pelanggaran yang dilakukan oleh peserta pemilu, baik yang bersifat admisitratif hingga pada pelanggaran pidana.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi evaluasi baik bagi penyelenggara pemilu (KPU dan Bawaslu) maupun peserta pemilu agar pada pemilu berikutnya bisa menjadi catatan untuk perbaikan ke depan.

About admin

Silahkan Baca Juga :

ARTIKEL TENTANG EVALUASI FASILITASI KAMPANYE PEMILU 2019

EVALUASI FASILITASI KAMPANYE PEMILU 2019 Oleh: Fahmi Zikrillah (Anggota KPU Jakarta Selatan)   PENDAHULUAN Kampanye …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by themekiller.com